Seksi PSE Lakukan Aksi Nyata sesuai ARDAS KAJ 2022


 Seturut dengan Arah Dasar KAJ 2022 – 2026 yaitu Mengasihi, Peduli dan Bersaksi dan Tema Prapaskah KAJ tahun 2023 adalah "Peran Kita dalam Mewujudkan Kesejahteraan Bersama" ada 4 Subtema Aksi Puasa Pembangunan 2023 yaitu:

Kepedulian Kita Terhadap Kesejahteraan Keluarga dan Warga Sekitar

Peran Serta Kita dalam Memperkuat Perlindungan Sosial

Peran Serta Kita dalam Memperluas Kesempatan Kerja dan Usaha Mikro

Peran Serta Kita dalam Menjaga Kesehatan Mental dan Spiritual

Maka selaras dengan subtema ke 2 dan 3 di atas, Program karya umum SPSE Paroki Kranji tahun 2023 sudah melakukan aksi nyata, diantaranya :

Bantuan Sosial / Karitatif

Seksi PSE Paroki memberikan bantuan sosial kepada keluarga prasejahtera seperti, biaya kontrak rumah, biaya hidup, biaya pendidikan, biaya kesehatan. Pada kesempatan prapaskah ini, panitia paskah mengadakan perbaikan beberapa rumah keluarga Prasejahtera.

Sejalan dengan arahan dari Komisi PSE KAJ maka Seksi PSE Paroki membentuk beberapa subseksi untuk mengadakan kegiatan pemberdayaan yaitu :

Subseksi Ayo Kerja

Adanya ruang komunikasi WhatsApp grup Ayo Kerja Paroki Kranji, para pencari kerja akan mendapatkan informasi lowongan kerja.

Subseksi Ayo Kerja bekerja sama dengan Seksi ASAK Paroki, Seksi PEKAD Paroki dan Seksi Kepemudaan Paroki mengadakan Workshop "Kiat Interview Kerja & Membuat CV Menarik" yang sudah dilaksanakan pada hari Minggu, 16 April 2023.


Subseksi UMKM Warung Mikael

Membantu pelaku UMKM mempromosikan produk usahanya melalui sosial media, membantu meningkatkan pendapatannya dengan menyediakan 12 lapak di area gereja untuk berjualan setiap minggunya dengan membayar iuran sebesar Rp. 25.000 per lapak/minggu. Iuran yang terkumpul secara rutin kami setorkan ke paroki. Selain itu memperbolehkan lapak sosial untuk penggalangan dana seperti OMK, KEP, Komuni Pertama, untuk ikut berjualan tanpa membayar iuran.

 

Subseksi UMKM Warung Mikael juga terlibat dalam gerakan Koperasi (Credit Union) yaitu menjadi anggota koperasi serta membantu sosialisasi untuk perekrutan anggota koperasi baru yaitu semua anggota UMKM Warung Mikael. Jika pelaku UMKM membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usahanya maka diharapkan dapat meminjam dari koperasi.

Subseksi Ayo Sejahtera

Terlibat dalam program SABUK (Sentra Bimbingan Usaha Kecil) dengan memberikan bimbingan usaha (pengetahuan dan ketrampilan) kepada umat KLMTD yang memiliki usaha mikro yang tergabung dalam program SABUK tersebut.

Dalam upaya membantu mereka yang berkekurangan diharapkan peran serta aktif dari umat untuk mengupayakan kesejahteraan Bersama, hal ini dapat dimulai dengan mengkatifkan kembali CYTW (Celengan Yesus Tuna Wisma). Saat ini Paroki Kranji memberikan kebebasan bagi tiap lingkungan atau wilayah untuk mengelola dana CYTW yang sedang membutuhkan.

Mari bersama kita dukung program subseksi demi kesejahteraan bersama. Tuhan Memberkati