Yuk Kenali Warna Liturgi Gereja Katolik

 

Hallo sobat Mikael, apakah kalian sudah tau bahwa di dalam Gereja Katolik ada berbagai macam warna liturgi?

Seperti yang sobat Mikael lihat pada saat perayaan Ekaristi berlangsung, ada beberapa warna liturgi yang biasanya dipakai, kapan sih seharusnya warna-warna tersebut dipakai?

Nah… pada artikel kali ini, mimin akan mengenalkan warna liturgi dan info kapan seharusnya warna tersebut dipakai. Hal ini penting untuk sobat Mikael ketahui, sebab jika sobat Mikael bertugas sebagai lektor, pemazmur, komentator, misdinar, bahkan among tamu warna liturgi ini harus diperhatikan ya supaya ga salah menggunakan saat bertugas.

Warna Putih/Kuning/Emas

Warna putih/kuning/emas melambangkan sukacita dan kemenangan, kekudusan dan kemurnian, serta cahaya ilahi dan kebangkitan. Melalui warna ini, kita diingatkan akan peristiwa gembira dalam kehidupan Tuhan Yesus dan Bunda-Nya, juga kesucian para orang kudus.

Warna ini juga digunakan dalam ibadat harian dan misa pada Masa Paskah dan Natal, pada perayaan-perayaan Tuhan Yesus (kecuali peringatan sengsara-Nya), begitu pula pada Pesta Santa Perawan Maria, para malaikat, para kudus yang bukan martir, pada Hari Raya semua Orang Kudus.

Warna Merah

Warna merah melambangkan darah, pengorbanan Kristus dan para martir-Nya. Merah juga melambangkan api kasih Allah yang bernyala-nyala.

Warna ini digunakan pada hari Minggu Palma memperingati Sengsara Tuhan dan pada hari Jumat Agung; pada hari Minggu Pentakosta, dalam perayaan-perayaan Sengsara Tuhan, pada pesta para rasul dan pengarang Injil, dan pada perayaan-perayaan para martir.

Warna Hijau

Warna hijau melambangkan kesuburan, pepohonan dan tunas-tunas hijau, yang melambangkan harapan dan pengharapan besar dalam misteri keselamatan Allah.

Warna ini digunakan dalam ibadat harian dan misa selama Masa Biasa sepanjang tahun.

Warna Ungu

Warna Ungu melambangkan simbol bagi kebijaksanaan, keseimbangan, sikap berhati-hati, mawas diri dan kerendahan hati.

Warna ini digunakan dalam Masa Adven dan Prapaskah. Tetapi dapat juga digunakan dalam ibadat harian dan misa arwah.

Warna Merah Muda

Warna Merah Muda melambangkan sukacita dan cinta kasih.

Warna ini digunakan pada hari Minggu Gaudete (Minggu Adven III) dan hari Minggu Laetare (Minggu Prapaskah IV).

Sudah mimin jelasin kan warna liturgi dan kegunaanya, semangat melayani ya. 

Tuhan Yesus Memberkati