RAR WKRI Ranting Gregorius: Semangat Berkaya dan Semakin Terlibat


Dengan memanjatkan Puji dan Syukur, Kamis 27 Januari 2022 bertempat di GKP Lantai 2, Wanita Katolik Republik Indonesia Ranting Gregorius menyelenggarakan RAR untuk periode masa Kerja 2018-2022. Kendati RAR sempat tertunda di mana seharusnya RAR WKRI Ranting Gregorius dilaksanakan pada bulan Oktober 2021, namun dikarenakan adanya perpanjangan waktu kepemimpinan Cabang sampai dengan dilaksanakannya KonferCab di bulan November 2021, sehingga Ranting Gregorius mengikuti jadwal yang sudah tersusun dari Cabang untuk melaksanaakn RAR.

Pada kesempatan ini, RAR Ranting Gregorius dihadiri langsung oleh Ketua WKRI Cabang St. Mikael yaitu Ibu Fransiska Madja, Ibu Petra Rosanti Purba (WK1) dan Ibu Francisca Noviana (WK 2) beserta perwakilan pengurus Cabang yang di antaranya adalah, Ibu Margaretha Intantri (Bendahara), Ibu Lasma Fransiska (Sekretaris), Ibu Syane Guilermo (Kabid Humas) dan Ibu Theresia Sriyanti (Bidang Organisasi).


Acara dimulai dengan pembacaan doa yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan INDONESIA RAYA dan Mars WKRI. Dalam sambutannya, Ketua WKRI Ranting Gregorius Ibu Margaretha Sri Hastuti atau yang akrab dipanggil Ibu Etha mengucapkan rasa terima kasihnya atas segala dukungan dan kerjasama anggota ranting selama masa periode kepemimpinannya dari tahun 2018-2022 ini, dimana ibu-ibu Ranting Gregorius telah menunjukan kekompakannya dalam menjalankan setiap kegiatan ranting, khususnya rasa solidaritas yang tinggi dengan bersama bergandeng tangan menghadapi sulitnya masa pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini sehingga Organisasi ini masih dapat terus berjalan dan berdiri tegak dengan segala kendala dan kekurangannya.

Di kesempatan yang berbahagia ini, Ketua Cabang WKRI St. Mikael yaitu Ibu Madja juga menyampaikan apresiasinya kepada Ranting Gregorius atas kerja kerasnya dalam menjalankan segala kegiatan dan pelayanan di Ranting yang senantiasa bersinergi dengan program kerja Cabang. Kerja keras yang senantiasa dilandaskan rasa sosial, solidaritas, keikhlasan, dan kebersamaan dalam mewujudkan program-program yang telah dibuat dalam segala kondisi, khususnya masa pandemi saat ini, di mana kendati keadaan dan kondisi begitu sulit tapi Ranting Gregorius telah mampu menyelesaikan 80% dari program-program kerja yang telah dibuat dan dicanangkan secara bersama.

Dalam penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban Program dan Hasil Kerja selama periode 2018-2022, Ibu Etha beserta pengurus lama memaparkan secara detail dan jelas program-program yang telah dijalankannya pada setiap bidang kerja, di mana pengurus dan anggota Ranting Gregorius telah melaksanakan kurang lebih 80%  dari semua program kerja yang telah dicanangkan seperti mengadakan PKO di Ranting, pembinaan PPUK, pelatihan dan sosialisasi minyak jelantah, pelatihan tata rias dan sebagainya.  


Terdapat juga kegiatan yang terselenggara secara Spontanitas dalam Solidaritas yaitu aksi sosial sebagai Laskar Isoman, saat terjadinya pandemi di mana banyak warga di wilayah Gregorius yang terkena Covid-19 sehingga harus menjalani Isoman dan di situlah Ibu-Ibu Ranting Gregorius berperan aktif  dengan swadaya membuat Dapur Umum untuk menyediakan dan mendistribusikan makanan matang  bagi warga yang isoman, yang melibatkan kerjasama dengan Pengurus Lingkungan setempat. Dalam laporan ini juga dipaparkan kendala dan hambatan dalam menjalankan kegiatan di Ranting terutama di masa pandemi karena terbatasnya ruang dan waktu untuk beraktifitas secara normal, serta harapan  untuk ke depannya bagi kemajuan dan pertumbuhan organisasi khususnya di Ranting Gregorius. Laporan Pertanggung Jawaban ini mendapatkan tanggapan dan respon positif dari Pengurus WKRI Cabang serta masukan yang bersifat membangun untuk ke depannya.

Pada akhirnya, tibalah waktunya untuk melantik Pengurus WKRI Ranting Gregorius periode 2022-2025 oleh Ketua WKRI Cabang St.Mikael, di mana pada periode ini kembali Ibu Margaretha Sri Hastuti terpilih sebgai Ketua Ranting dan Ibu Yeni Anggorowati sebagai Wakil Ketua Ranting. Pelantikan dimulai dengan membacakan SKEP tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Pimpinan WKRI Dewan Pengurus Ranting St. Gregorius, dilanjutkan pembacaan naskah pelantikan dan pembacaan janji pengurus WKRI serta diakhiri tanda tangan naskah serah terima jabatan dan penyerahan aset ranting dari pengurus lama ke pengurus baru.

Keseluruhan rangkaian acara di sore hari ini pun berakhir dengan penuh sukacita, senyum penuh harapan, dan tentu saja penyelenggaraan acara di GKP lantai 2 dilaksanakan dengan memperhatikan prokes yang berlaku. Di akhir kata, selamat bertugas untuk pimpinan dan pengurus terpilih Ranting Gregorius periode 2022-2025, semoga tugas perutusan dan pelayanan ini senantiasa menjadi berkat, semakin kompak dan maju. Berkah Dalem.


Penulis : Francisca Noviana Widyastuti