Ziarek WKRI Cabang St.Mikael Kranji

dokum pribadi
Bekasi, Minggu 15 Mei 2022 berlokasi di Gua Maria-Pertapaan Karmel Lembang, Wanita Katolik Republik Indonesia Cabang St. Mikael Kranji menyelenggarakan kegiatan Ziarek sebagai bagian dari rencana kerja Bidang Kesejahteraan dan Bidang Usaha. Kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan Bulan Maria sebagai bentuk devosi umat beriman yang berkesempatan untuk mempersembahkan penghormatan dan Doa dengan penuh kasih kepada Bunda Maria.

Tujuan lain diselenggarakan kegiatan  Ziarek ini adalah untuk terus menjalin keakraban, persatuan, dan kerjasama antar anggota WKRI Cabang St. Mikael secara berkesinambungan, khususnya setelah dua tahun tidak dapat melakukan kegiatan secara maksimal akibat adanya Pandemi Covid-19. Kegiatan Ziarek yang digawangi oleh Ibu Petra Rosanty Purba (Wakil Ketua 1) sebagai penanggung jawab Bidang Usaha dan Ibu Francisca Noviana (Wakil Ketua 2) sebagai penanggung jawab Bidang Kesra, mendapatkan sambutan hangat dan antusiasme yang sangat tinggi dari para anggota WKRI Cabang St. Mikael, dimana ketika pendaftaran dibuka kuota yang tersedia sebanyak 55 peserta langsung dapat terpenuhi. Hal ini juga membuktikan adanya rasa kerinduan yang sangat mendalam dari para anggota untuk dapat bertemu dan melakukan kegiatan kembali secara bersama dalam sukacita.

Dalam perjalanan menuju lokasi, tak lupa kami mendaraskan Doa Rosario secara bersama yang dipimpin oleh Ibu Margaretha Sri Hastuti dan Ibu Christina Daeli, perjalanan menuju Lembang sungguh dipenuhi kegembiraan dan gelak tawa dari para peserta dengan bincang-bincang santai, bernyanyi dan bergoyang bersama.

Kegiatan Ziarah di Gua Maria-Pertapaan Karmel dilaksanakan dalam beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang, sebagaimana arahan dan peraturan yang ditetapkan oleh Pihak Team Satgas dari Gua Maria-Pertapaan Karmel guna menjaga keheningan, kenyamanan dan ketertiban umat secara bersama. Kelompok-kelompok tersebut mengikuti Jalan Salib secara bergantian dari Perhentian ke 1 hingga Perhentian ke 14 dan dilanjutkan dengan doa di Gua Maria secara khidmat dan khusuk.
 
Sebagaimana namanya Ziarek yaitu Ziarah dan Rekreasi, tentu saja kegembiraan bersama juga kami wujudkan dalam bentuk belanja oleh-oleh di Sentra Oleh-Oleh sebagai buah tangan ibu-ibu peserta  kepada keluarga tercinta. Lokasi rekreasi berikutnya yang dituju adalah Taman Begonia, yang juga berlokasi di Kawasan wisata Lembang. Taman Begonia menjadi tempat pilihan rekreasi panitia Ziarek karena Taman Begonia merupakan tempat wisata yang menyajikan konsep wisata alam terbuka, edukatif dan tentu saja dipadukan dengan kebutuhan kekinian yaitu Spot-Spot Selfie.


Acara kebersamaan di Taman Begonia berada di satu tenda terbuka yang sudah dipersiapkan oleh pihak Taman Begonia di tengah hamparan bungan-bunga cantik, dimana para peserta Ziarek berkumpul bersama menikmati hidangan makan siang yang telah disiapkan oleh panitia. Acara berikutnya adalah Ramah Tamah yang dipandu oleh MC cantik dan lucu yaitu Ibu Lasma Fransisca, dengan diawali kata sambutan oleh Ketua WKRI Cabang St.Mikael Kranji yaitu Ibu Fransiska Madja. 
 
Dalam kata sambutannya, Ibu Fransiska Madja menyampaikan apresiasinya kepada para panitia yang telah menyelenggarakan acara Ziarek tersebut dan juga rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu-Ibu peserta Ziarek yang telah berpartisipasi dalam acara Ziarek dengan penuh antusias dan sukacita bersama. Ibu Ketua juga menyampaikan beberapa informasi mengenai prioritas Renja yang dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan oleh WKRI Cabang St. Mikael, agar tetap dapat didukung secara maksimal dan dilaksanakan secara bersama oleh semua pihak. Ibu Fransiska Madja juga menyampaikan harapannya agar secara perlahan namun pasti, semua kegiatan dapat mulai dilaksanakan kembali secara tatap muka, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku sehingga kegiatan dapat dilaksanakan secara maksimal dan berkesinambungan.

Pada kesempatan ini, panitia juga menyampaikan rasa apresiasi dan terima kasih kepada pengurus WKRI Cabang St. Mikael Kranji masa bakti 2017-2021 yang dipimpin oleh Ibu Elisabeth Sudarmi sebagai Ketua Cabang, Ibu Irene Diana sebagai Wakil Ketua 1 dan Ibu Fransiska Madja sebagai Wakil Ketua 2, atas segala usaha, kontribusi dan kinerjanya dalam terus membangun dan memajukan WKRI Cabang St. Mikael Kranji sehingga tetap dapat tumbuh dan berkembang secara konsisten dan berkesinambungan. Pada acara  yang berbahagia ini juga dibagikan Piala, Sertifikat dan Hadiah kepada para pemenang Lomba Video Mengolah Makanan non Beras dengan tema ”Kenyang tidak harus Nasi” yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan dengan koordinatornya adalah Ibu Yohana Dyahayu pada Bulan April 2022 yang lalu. Ranting Sta. Bernadeth memperoleh Juara 1, kemudian Ranting St. Gregorius memperoleh Juara 2, dilanjutkan oleh Ranting St. Ignatius sebagai Juara 3 dan  terakhir adalah Ranting St. Vincentius sebagai Juara Harapan 1.

Seperti kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang” dalam acara Ramah Tamah ini tak lupa para pengurus Cabamg, maupun Ketua-Ketua Ranting dan para anggota ranting saling berkenalan satu sama lain untuk lebih akrab, saling menyapa dan semakin guyub ke depannya. Sesi terakhir dilanjutkan dengan acara bebas, dimana para peserta bebas menjelajahi seluk beluk dan keindahan Taman Begonia serta menikmati spot-spot foto yang tersedia. Di satu sisi, adanya situasi dan kondisi yang kurang bersahabat dan tidak dapat diprediksi sebelumnya, yaitu kondisi hujan deras dan kemacetan lalu lintas di tiap sudut jalan daerah Lembang dan Kota Bandung pada umumnya, menyebabkan adanya salah satu lokasi wisata yang telah ditetapkan oleh panitia sebelumnya terpaksa tidak dapat dikunjungi. Perjalaanan Ziarek kali ini ditutup dengan makan malam bersama di Restoran Kapulaga. Kendati adanya situasi dan kondisi yang kurang bersahabat, namun keadaan itu tidaklah menyurutkan semangat ibu-ibu peserta Ziarek, dimana semua tetap berpadu dalam gelak tawa dan alunan lagu-lagu yang dinyanyikan bersama secara ceria sembari mengiringi perjalanan pulang menuju Kota Bekasi.


Di akhir kata, biarlah kegiatan Ziarek  Gua Maria - Pertapaan Karmel ini menjadi awal kebangkitan kembali WKRI Cabang St. Mikael Kranji dalam berkarya, berkontribusi nyata dan memberikan pelayanan secara tatap muka dan maksimal, setelah melalui badai pandemi selama 2 tahun terakhir ini. Ucapan terima kasih disampaikan kepada semua Panitia Ziarek yang telah bekerja keras guna terlaksananya acara ini, dan kepada Ibu-Ibu peserta Ziarek atas partisipasi dan dukungannya yang luar biasa. Mohon dimaafkan bila ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, khususnya untuk situasi dan kondisi yang tidak terduga pada saat Ziarek. Kiranya WKRI Cabang St. Mikael Kranji semakin guyub, bersatu dalam perbedaan, saling mendukung dan senantiasa dipenuhi rasa sukacita guna mencapai tujuan organisasi bersama. Berkah Dalem.


Penulis : Francisca Noviana Widyastuti