Rosario Misioner


Setiap bulan Oktober, umat Katolik biasanya lebih mengenal sebagai bulan Rosario. Padahal, oleh Vatikan, bulan Oktober juga ditetapkan sebagai bulan Misi. Berkenaan dengan hal tersebut, pada tahun 2021 ini, Komisi Panggilan - KKI Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) mengadakan Rosario Misioner secara online melalui platform Zoom dan Youtube. Rosario tersebut dilaksanakan secara bergiliran dari setiap paroki di KAJ. 

Minggu (17/10/2021) malam merupakan giliran Seksi Panggilan Paroki Kranji - Santo Mikael bekerjasama dengan Seksi Panggilan Paroki Galaxi - Santo Bartolomeus yang bertugas menyelenggarakan Rosario Misioner. Rosario Misioner tersebut dipusatkan penyelenggaraannya di Gereja Santo Mikael, Kranji. 

Acara diawali dengan pengantar yang dibawakan oleh Ketua Seksi Panggilan Paroki Kranji Santo Mikael, Sdr. Arnold Suryo Nugroho. Kemudian, rangkaian doa pun dibuka oleh Romo Adrianus Boysala, SVD dengan tanda salib dan doa pembuka. Kemudian, Sr. Olivera Lusi, CIJ bersama Sr. Edel Marry Queen, CIJ bertugas memandu doa Rosario Misioner. Sedangkan, doa 10x Salam Maria dibawakan oleh OMK Paroki Kranji maupun OMK Paroki Galaxi. 

Dalam renungannya, Romo Adrian menekankan bahwa Yesus, yang dalam surat Ibrani, sebagai Imam Agung dan dalam kitab nabi Yesaya disebut sebagai Hamba Yahwe yang menanggung segala penderitaan manusia demi menyelamatkan mereka, mau blusukan hingga ke relung-relung hati dan hidup manusia yang sangat terdalam. Yesus juga adalah perwujudan kasih Allah yang sempurna. Yesus adalah Ia yang memberikan hatiNya untuk mengasihi dan mengulurkan tanganNya untuk melayani dan menyelamatkan manusia. Oleh karena itu, menutup renungan, Romo Adrian mengajak kita semua sebagai murid-murid Yesus pada zaman ini mau memberikan hati untuk mengasihi dan mengulurkan tangan untuk melayani sesama. Hati dan hidup kita juga hendaknya memantulkan kasih Allah, kasih Yesus. Sehingga pada akhirnya, jika tutur kata, sikap, dan perbuatan kita sehari-hari yang menghadirkan kasih Allah secara nyata membuat semakin banyak orang yang berjumpa dengan kita memuji dan memuliakan Allah. 

Seusai memberikan renungan, Romo Adrian pun menutup rangkaian Doa Rosario Misioner dengan doa penutup dan berkat. Kemudian, sebagai penutup acara, Seksi Panggilan Paroki Galaxi, Ibu Tiwi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh petugas dan menginformasikan penyelenggara Doa Rosario Misioner hari berikutnya. 

Yohanes MD