Bersyukur Bersama dalam Kasih Persaudaraan



Wilayah Pondok Cipta adalah salah satu komunitas basis yang ada di Paroki Kranji. Wilayah tersebut terdiri dari 5 lingkungan yang tersebar di 3 kompleks perumahan. Wilayah ini berpelindung Santa Ursula. Tanggal 21 Oktober yang lalu merupakan peringatan pesta pelindung wilayah ini. Sebagai ungkapan syukur atas pesta pelindung, umat wilayah merayakannya dengan ibadat syukur bersama yang diadakan sekaligus sebagai penutupan bulan Rosario.

Minggu (31/10/2021) yang lalu adalah waktu pelaksanaan ibadat syukur tersebut. Ibadat syukur tersebut diadakan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Hadir sekitar 40 umat wilayah dalam ibadat tersebut. Saudara Yohanes Dewandaru, salah satu prodiakon wilayah Pondok Cipta bertindak sebagai pemimpin ibadat malam itu. Koor wilayah pun turut meramaikan ibadat dengan nyanyian yang dibawakan secara rekaman virtual.

Dalam renungannya pada ibadat tersebut, Mas Ndaru menyampaikan kembali ajakan yang sudah jelas disampaikan dalam bacaan Kitab Suci yang dibacakan sebelumnya. Adapun bacaan diambil dari Injil Markus 12:28b-34. Ajakan tersebut ialah ajakan untuk senantiasa mengasihi Allah dan sesama manusia dengan segenap hati, dengan segenap pengertian, dan dengan segenap kekuatan. Sehingga, ke depannya diharapkan umat wilayah Pondok Cipta senantiasa bertumbuh dalam kasih persaudaraan dan menjadi berkat bagi sesama. Hal itu selaras juga dengan Ardas KAJ tahun 2021 yaitu semakin mengasihi, semakin terlibat, dan semakin menjadi berkat.

Ibadat pun diisi dengan berdoa rosario. Doa rosario dibawakan secara bergantian oleh ketua lingkungan yang ada di wilayah Pondok Cipta ini. Rosario pun diakhiri dengan Litani Santa Perawan Maria yang dibawakan oleh Ibu Fransiska Madja. Sementara itu, OMK turut bertugas membawakan doa umat.
Seluruh rangkaian ibadat pun berakhir pada pukul 20.30. Bapak Dedy Triwibowo, Koordinator Wilayah mengucapkan terima kasih atas kehadiran umat wilayah dan seluruh petugas yang sudah terlibat dalam ibadat. Foto bersama mengakhiri rangkaian acara pada malam hari itu.


Yohanes MD