RAKA Dewan Paroki Pleno 2021

Tahun 2021 segera berakhir. Seperti tahun sebelumnya, Dewan Paroki selalu menyusun RAB dan Program Karya (Prokar) untuk tahun selanjutnya. Untuk tahun 2022, beberapa hari yang lalu, setiap Seksi, Wilayah, dan Tim Sinergi Bidang Prioritas (TSBP) telah sibuk menyusun program-program yang diinput melalui Sistem Aplikasi Program Karya Pelayanan dan Anggaran (SAPA).

Minggu (28/11/2021) telah dilaksanakan Rapat Karya (Raka) Dewan Paroki Pleno. Penyelenggaraan Raka bertujuan untuk mengesahkan prokar yang telah disusun oleh seksi, wilayah, TSBP, dan bagian lainnya. Hadir dalam Raka ialah Romo, seluruh pengurus Dewan Paroki Pleno (DPH, Ketua Seksi, Koordinator Wilayah, dan Ketua Lingkungan), perwakilan suster CIJ, dan Ketua Koperasi CU Kranji Maju Bersama.


Raka tersebut diawali dengan lagu dan bacaan kitab suci yang juga sekaligus untuk memohon tuntunan Roh Kudus dalam melaksanakan Raka pada pagi hari ini. Kemudian, acara berlanjut dengan pendahuluan singkat oleh Bapak Yustinus Joko Winarso. Menyusul kemudian, ibu Maria Lucky Ariana memaparkan RAB 2022 baik dari segi penerimaan maupun pengeluaran. Pemaparan tersebut disampaikan secara jelas agar seluruh perangkat karya memahami betul RAB yang sudah disusun.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Anton Rudianto (Ketua Bidang 4 Diakonia/Pelayanan 1) bersama Bapak Ch. Aries Basanggu (Ketua Seksi Santo Yusuf) menyampaikan sosialisasi mengenai pelayanan kedukaan Santo Yusuf bagi umat paroki. Selanjutnya, Bapak Agustinus Sri Hartoyo, Ketua CU Kranji Maju Bersama juga menyampaikan sosialisasi mengenai koperasi. Ketua TSBP 3 juga menjelaskan program prioritas TSBP 3. Ketua Seksi Komsos mempresentasikan dan menyosialisasikan website paroki yang dijadwalkan launching secara resmi pada tanggal 5 Desember mendatang. Tim Gugus Kendali Paroki (TGKP) menekankan kembali terkait protokol kesehatan mengikuti misa mingguan.


Dalam Raka tersebut, juga disinggung pula perlunya peran aktif Orang Muda Katolik (OMK). Karena di masa sekarang era digital sangat membutuhkan peran serta OMK yang memang sudah lekat dengan perangkat digital. Untuk itu, dihimbau kepada Ketua Lingkungan agar selalu melibatkan OMK dalam pelayanan dan atau kepengurusan sebagai bentuk regenerasi. 

Di akhir acara, Romo Anselmus Selvus Wege, SVD selaku Romo Kepala Paroki dan Ketua Umum DPH meneguhkan kembali soal pelayanan kepengurusan di Dewan Paroki Pleno. Sebelum menutup acara, Romo Ansel pun mengesahkan Prokar dan RAB 2022 yang sudah disusun secara resmi. Prokar dan RAB akan mulai diimplementasikan mulai bulan Januari 2022 mendatang.


Yohanes MD