Pelantikan Korwil dan Pengurus Lingkungan Santa Bernadeth 2021 – 2024




Koordinator Wilayah (Korwil) Santa Bernadeth Paroki St. Mikael, Kranji periode 2021 – 2024 Vincentius Simangunsong dilantik Romo Rido Edward Simatupang, SVD dalam sebuah Misa di Graha St. Mikael, Sabtu (4/12). Untuk periode kali ini, Korwil Bernadeth dibantu oleh Sekretaris Justinus Charles Andes dan Bendahara Yohana Dyahayu Luhsudarmi.

Sebelum dilantik, Pak Vinsen menyampaikan harapan dan memohon dukungan serta partisipasi seluruh umat di Wilayah Santa Bernadeth agar bersama-sama mewujudkan dan menyukseskan semua kegiatan.
Dalam kesempatan ini juga dilantik lima Ketua Lingkungan dan para pengurusnya, yakni Ketua Lingkungan Bernadeth 1 Yohanes Winanto Dwi Prayitno, Bernadeth 2 Antonius Warsono, Bernadeth 3 Rony Agustinus Sinuhaji, Bernadeth 4 Antonius Vici Gayatri Hanggoro, dan Ketua Lingkungan Bernadeth 5 Johanes Yanes Fredy Manik.

Dalam pesannya, Romo Rido mengharapkan, saat melayani umat, para pengurus hendaknya selalu digerakkan oleh rasa belas kasih Kristus sebagai landasannya.  

“Kadang memang sangat menjengkelkan kalau ada umat yang tidak pernah aktif dalam semua kegiatan di Lingkungan, dan baru mencari pengurus bila ada kebutuhannya saja. Namun, menghadapi umat seperti itu perlu didekati penuh lembut agar tersadar,” kata Romo Rido.

Cara Pandang Tuhan
Senada dengan Romo Rido, Pastor Kepala Paroki St. Mikael, Kranji Romo Anselmus Selvus Wege, SVD, yang mengisi sesi “Pengajaran dalam Pelayanan” sebelum pelantikan menegaskan, kita akan berbuah banyak bila kita tinggal dalam Yesus dan seluruh kegiatan kita harus menyatu dengan Kristus. Seluruh kegiatan di Wilayah dan Lingkungan mesti bersatu dengan Kristus. Karena Kristus adalah sumber terkuat kita. Bersatulah dengan Kristus dan berkumpul dengan saudara seiman.

“Kita ini, hidup di kota, seringkali sibuk dengan diri sendiri, tidak peduli orang lain, tidak peduli kegiatan di Lingkungan. Bersatu dengan saudara seiman itu penting. Kalau kita sakit, Lingkungan yang akan bergerak, bukan saudara kita di Sumatera atau Flores. Kita tumbuh dan berkembang dimana kita berada,” pesan Romo Ansel.

Menurut Romo Ansel, dalam penyusunan program di Wilayah dan Lingkungan harus berdasarkan data konkret. Pengurus perlu mengetahui data dan persoalan umat, dan kita mau apa ke depan.
“Pergi dan kunjungi mereka. Bawa mereka kepada Yesus. Agar mereka setia pada Kristus, setia pada saudara seiman. Itu bentuk pelayanan kita.”

Romo Ansel juga menekankan, apapun yang kita lakukan perlu dilihat dengan cara pandang Tuhan. Dalam Kisah Penciptaan, Tuhan selalu melihat hasil karya-Nya sungguh amat baik adanya.

“Semua karya Tuhan itu sungguh amat baik adanya. Demikian pun para pengurus perlu melihat kondisi umat dan hasil program dengan cara pandang Tuhan, semuanya sungguh amat baik adanya,” ujar Romo Ansel.

Rembug Wilayah
Setelah sesi Romo Ansel, acara dilanjutkan dengan rembug Wilayah Bernadeth, yang diawali dengan pemaparan Korwil periode 2018 – 2021 Sirilus Sirjoni Simangunsong. Dalam paparannya, Pak Sirjoni menyampaikan sekilas program yang dilaksanakan, dan berharap Korwil yang baru akan melanjutkannya.

Seusai paparan Pak Sirjoni, para Ketua Lingkungan Bernadeth 1 hingga 4 menyampaikan persoalan yang dihadapi dalam Lingkungan masing-masing. Sementara pemaparan Ketua Lingkungan Bernadeth 5 diwakili Wakil Ketua Antonius Srimulyono, karena ketuanya berhalangan hadir.

Rembug Wilayah Bernadeth juga diisi oleh pemaparan Ketua Ranting WKRI Margaretha Intantri dan Ketua OMK Kornelia Mareta Kusuma.

Sebelum acara rembug wilayah dan pelantikan, Ketua Panitia Paskah Paroki St. Mikael, Kranji 2021 Alexander Tony Cahyawanto menyampaikan laporan pembubaran panitia. Pembubaran panitia Paskah 2021 sedianya diadakan bulan Juni lalu, namun karena pandemi Covid 19 terpaksa diundur ke bulan Desember ini, digabung dengan rembug wilayah dan pelantikan pengurus Lingkungan dan Wilayah Santa Bernadeth.

Rangkaian acara pelantikan Korwil dan Pengurus Lingkungan Santa Bernadeth yang dimulai pukul 15.30 berakhir sekitar pukul 20.00 WIB, setelah sesi foto dan makan malam. Acara ini dihadiri lebih dari 70 orang pengurus dan sesepuh dari lima Lingkungan di Wilayah Santa Bernadeth. 


Yohana DL
Lingkungan Sta Bernadeth 5