Surat Paus Fransiskus untuk Pasangan Suami Istri

Sumber: JalaPress.com



SURAT PAUS FRANSISKUS UNTUK PASANGAN SUAMI ISTRI
dalam Rangka Tahun “AMORIS LAETITIA FAMIGLIA”
2021-2022

Pasangan suami istri yang terkasih di seluruh dunia!

Di Tahun “Keluarga Amoris Laetitia” ini, saya menulis untuk mengungkapkan kasih sayang dan kedekatan saya yang mendalam dengan Anda pada waktu yang sangat istimewa ini. Keluarga selalu dalam pikiran dan doa saya, tetapi terutama selama pandemi, yang telah menguji semua orang, terutama yang paling rentan di antara kita. Situasi saat ini telah menggerakkan hati saya untuk selalu menemani dengan kerendahan hati, kasih sayang dan keterbukaan bagi setiap individu, pasangan suami istri dan keluarga dalam semua situasi yang Anda alami.

Kita diminta untuk menerapkan pada diri kita sendiri panggilan yang diterima Abraham dari Tuhan untuk berangkat dari negerinya dan rumah ayahnya menuju negeri asing yang akan ditunjukkan oleh Allah sendiri kepadanya (lih. Kej 12:1). Kami juga pernah mengalami ketidakpastian, kesepian, kehilangan orang-orang terkasih; kita juga telah dipaksa untuk meninggalkan kepastian kita, “zona nyaman” kita, cara kita melakukan sesuatu dan ambisi kita, dan bekerja untuk kesejahteraan keluarga kita dan masyarakat secara keseluruhan, yang juga bergantung pada kita dan tindakan kita.

Hubungan kita dengan Tuhan membentuk kita, menemani kita dan mengutus kita sebagai individu dan, pada akhirnya, membantu kita untuk “berangkat dari tanah kita”, meskipun dalam banyak kasus dengan gentar dan bahkan ketakutan kita menghadapi hal yang tidak kita diketahui. Namun iman Kristen kita membuat kita menyadari bahwa kita tidak sendirian, karena Allah berdiam di dalam kita, bersama kita dan di antara kita: dalam keluarga kita, lingkungan kita, tempat kerja dan sekolah kita, di kota-kota tempat kita tinggal.

Seperti Abraham pada saat itu, demikian juga semua suami dan istri, karena panggilan cinta suami-istri,meninggalkan tanah mereka sendiri, mereka memutuskan untuk memberikan diri mereka satu sama lain tanpa syarat. Bahkan, pertunangan sudah berarti meniggalkan tanah Anda, Anda dipanggil untuk berjalan bersama di sepanjang jalan yang mengarah ke pernikahan. Situasi-situasi yang berbeda dalam hidup – perjalanan waktu, kedatangan anak, pekerjaan dan penyakit – semua menantang pasangan untuk merangkul kembali komitmen mereka satu sama lain, untuk meninggalkan kebiasaan “menetap”, kepastian dan keamanan, dan untuk berangkat menuju tanah yang Tuhan janjikan: menjadi dua di dalam Kristus, dua dalam satu. Hidup Anda menjadi satu kehidupan; menjadi “kita” dalam persekutuan penuh kasih dengan Yesus, hidup dan hadir di setiap saat keberadaan Anda. Tuhan selalu di sisi Anda; dia mencintaimu tanpa syarat. Anda tidak sendiri!

Pasangan suami-isteri yang terkasih, ketahuilah bahwa anak-anak Anda – terutama mereka yang lebih muda – memperhatikan Anda dengan penuh perhatian; di dalam kamu mereka mencari kesaksian nyata akan cinta yang kuat dan dapat diandalkan.“Betapa pentingnya bagi kaum muda untuk melihat dengan mata kepala sendiri kasih Kristus yang hidup dan hadir dalam kasih pasangan, yang bersaksi melalui kenyataan hidup mereka bahwa cinta untuk selama-lamanya adalah mungkin!” [1] Anak-anak selalu merupakan hadiah; mereka mengubah sejarah setiap keluarga. Mereka haus akan cinta, rasa terima kasih, penghargaan, dan kepercayaan. Sebagai orang tua, Anda dipanggil untuk memberikan kepada anak-anak Anda sukacita, karena mereka adalah anak-anak Allah, anak-anak dari seorang Bapa yang selalu mengasihi mereka dengan lembut dan yang memegang tangan mereka setiap hari. Ketika mereka mengetahui hal ini, anak-anak Anda akan bertumbuh dalam iman dan kepercayaan kepada Tuhan.

Memang benar, membesarkan anak bukanlah tugas yang mudah. Namun janganlah kita lupa bahwa mereka juga “membesarkan” kita. Keluarga tetap menjadi lingkungan utama tempat pendidikan berlangsung, melalui tindakan-tindakan kecil yang lebih jelas dan mengena daripada kata-kata. Mendidik, di atas segalanya, berarti menemani proses pertumbuhan, hadir untuk anak-anak dalam berbagai cara, untuk membantu mereka menyadari bahwa mereka selalu dapat mengandalkan orang tua mereka. Seorang pendidik adalah seseorang yang secara spiritual “melahirkan” orang lain dan, di atas segalanya, secara pribadi terlibat dalam pertumbuhan mereka. Bagi orang tua, penting untuk berhubungan dengan anak dengan otoritas yang tumbuh dari hari ke hari. Anak-anak membutuhkan rasa aman yang dapat memungkinkan mereka untuk memiliki kepercayaan pada Anda dan keindahan hidup Anda bersama, dan kepastian bahwa mereka tidak akan pernah sendirian, apa pun yang akan terjadi.

Di sisi lain, sebagaimana telah saya amati, kesadaran akan akan identitas dan misi kaum awam dalam Gereja dan masyarakat telah berkembang. Anda memiliki misi untuk mengubah masyarakat dengan kehadiran Anda di tempat kerja dan memastikan bahwa kebutuhan keluarga diperhitungkan.

Pasangan suami istri juga harus berinisiatif (primerear) [2] dalam komunitas paroki dan keuskupan mereka melalui rencana-rencana dan kreativitas mereka, sebagai ekspresi saling melengkapi karisma dan panggilan dalam pelayanan persekutuan gerejawi; hal ini terutama berlaku bagi pasangan-pasangan yang, bersama dengan para gembala Gereja, “berjalan berdampingan dengan keluarga lain, untuk membantu mereka yang lebih lemah, untuk mewartakan bahwa, bahkan di tengah kesulitan, Kristus selalu hadir bagi mereka.” [3]

Oleh karena itu, saya mendorong Anda, pasangan suami istri yang terkasih, untuk aktif di dalam Gereja, terutama dalam pelayanan pastoral keluarga. “Tanggung jawab bersama untuk misi Gereja ini menuntut agar pasangan suami-isteri dan para pelayan tertahbis, terutama para uskup, bekerja sama dengan cara yang bermanfaat dalam mengasuh dan memelihara keluarga-keluarga kristiani (ecclesia domestica).” [4] Jangan pernah lupa bahwa keluarga adalah “sel dasar masyarakat” ( Evangelii Gaudium, 66). Pernikahan adalah bagian penting dari proyek pembangunan “budaya perjumpaan” (Fratelli Tutti, 216). Keluarga dengan demikian dipanggil untuk menjembatani generasi dalam mewariskan nilai-nilai yang membentuk kemanusiaan sejati. Kreativitas baru diperlukan, untuk mengekspresikan, di tengah tantangan hari ini, nilai-nilai yang membentuk kita sebagai umat, baik dalam masyarakat kita maupun dalam Gereja, Umat Allah.

Sebagai sebuah panggilan, pernikahan mengajak Anda untuk mengemudikan perahu kecil – yang diombang-ambingkan ombak namun tetap kuat bertahan, berkat sakramen (perkawinan) – melintasi lautan yang terkadang berbadai. Seberapa sering Anda ingin mengatakan atau atau bahkan berteriak, seperti para rasul: “Guru, apakah Anda tidak peduli bahwa kami binasa?” (Markus 4:38). Namun demikian, jangan pernah lupa bahwa berkat sakramen perkawinan, Yesus hadir di dalam perahu itu; dia peduli padamu dan dia tetap di sisimu di tengah badai. Dalam perikop Injil yang lain, ketika mereka mendayung dengan susah payah, para murid melihat Yesus datang kepada mereka di atas air dan menyambut-Nya ke dalam perahu mereka. Kapan pun Anda diterpa angin kencang dan badai, lakukan hal yang sama: sambutlah Yesus ke dalam perahu Anda, karena sekali Ia “naik perahu bersama mereka… angin pun reda” (Mrk 6:51). Adalah penting bahwa, bersama-sama, Anda tetap menatap Yesus. Hanya dengan cara ini, Anda akan menemukan kedamaian, mengatasi konflik dan menemukan solusi untuk banyak masalah Anda. Masalah-masalah tersebut tentu saja tidak akan hilang, tetapi Anda akan dapat melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.

Hanya dengan menyerahkan diri Anda ke dalam tangan Tuhan Anda akan dapat melakukan apa yang mungkin tampak mustahil. Kenali kelemahan dan ketidakberdayaan Anda sendiri dalam menghadapi begitu banyak situasi di sekitar Anda, tetapi pada saat yang sama yakinlah bahwa kuasa Kristus akan dimanifestasikan dalam kelemahan Anda (lih. 2 Kor 12:9). Justru di tengah badai itulah para rasul mengetahui kedudukan raja dan keilahian Yesus, dan belajar untuk percaya kepada-Nya.

Dengan tetap mengingat ayat-ayat alkitab ini, saya sekarang ingin merenungkan beberapa kesulitan dan peluang yang telah dialami keluarga selama masa pandemi ini. Misalnya, lock-down (= tinggal di rumah – ed.) berarti bahwa ada lebih banyak waktu untuk bersama-sama, dan ini membuktikan peluang yang istimewa untuk memperkuat komunikasi dalam keluarga. Tentu, ini menuntut latihan kesabaran khusus. Memang tidak mudah untuk bersama sepanjang hari, ketika semua orang harus bekerja, belajar, berekreasi dan beristirahat di rumah yang sama. Namun jangan biarkan rasa lelah menguasai diri Anda: semoga kekuatan cinta membuat Anda lebih memperhatikan orang lain – pasangan Anda, anak-anak Anda – daripada kebutuhan dan kekhawatiran Anda sendiri. Izinkan saya mengingatkan Anda tentang apa yang saya katakan dalam Amoris Laetitia (lih. No. 90-119), yang diilhami oleh nyanyian cinta kasih Santo Paulus (lih. 1 Kor 13:1-3). Mohonlah karunia cinta dari Keluarga Kudus dan baca ulang pernyataan Paulus tentang makna cinta kasih tersebut, sehingga dapat menginspirasi keputusan dan tindakan Anda (lih. Rom 8:15; Gal 4:6).

Dengan cara ini, waktu yang Anda habiskan untuk bersama, jauh dari sekedar penebusan dosa, akan menjadi tempat berlindung di tengah badai. Semoga setiap keluarga menjadi tempat untuk saling menerima dan mengerti satu sama lain. Ingatlah nasihat yang pernah saya berikan kepada Anda tentang pentingnya tiga kata kecil itu: “tolong, terima kasih, maaf.” [5] Setelah setiap pertengkaran, “jangan biarkan hari itu berakhir tanpa berdamai”. [6] Jangan malu untuk berlutut bersama di hadapan Yesus dalam Ekaristi, untuk menemukan saat-saat teduh penuh damai dan untuk saling memandang dengan kelembutan dan kebaikan. Atau ketika salah satu dari Anda sedikit marah, pegang tangannya dan paksakan untuk tersenyum. Anda juga dapat mengucapkan doa singkat bersama setiap malam sebelum tidur, dengan Yesus di sisi Anda.

Bagi beberapa pasangan, kondisi hidup yang dipaksakan selama karantina sangat sulit. Masalah yang sudah ada sebelumnya diperparah, terciptalah konflik yang dalam beberapa kasus menjadi hampir tak tertahankan. Bahkan banyak (pasangan suami isteri – ed.) yang mengalami putusnya hubungan dan harus menghadapi krisis yang bagi mereka sulit atau tidak mungkin untuk diselesaikan. Saya ingin mereka juga merasakan kedekatan dan kasih sayang saya.

Perceraian menyebabkan penderitaan yang luar biasa, karena banyak harapan yang pupus, dan kesalahpahaman dapat menyebabkan pertikaian dan luka yang tidak mudah untuk disembuhkan. Anak-anak akhirnya harus mengalami rasa sakit melihat orang tua mereka tidak lagi bersama. Teruslah mencari bantuan, sehingga Anda dapat mengatasi konflik dan mencegah lebih banyak lagi luka bagi Anda dan anak-anak Anda. Tuhan Yesus, dalam belas kasihan-Nya yang tak terbatas, akan membimbing Anda untuk terus berjalan di tengah banyak kesulitan dan kesedihan Anda. Tetaplah berdoa memohon pertolongan-Nya, dan carilah pada-Nya perlindungan dan cahaya untuk perjalanan. Temukan juga, dalam komunitas Anda, sebuah “rumah Bapa, di mana ada tempat bagi semua orang, dengan semua masalah mereka” (Evangelii Gaudium, 47).

Ingatlah juga bahwa pengampunan menyembuhkan setiap luka. Saling memaafkan adalah buah dari tekad batin yang mencapai kedewasaan dalam doa, dalam hubungan kita dengan Tuhan. Itu adalah karunia yang lahir dari kasih karunia yang dicurahkan oleh Kristus kepada pasangan suami-istri setiap kali mereka berpaling kepada-Nya dan mengizinkan-Nya untuk bertindak. Kristus “tinggal” dalam pernikahan Anda dan Ia selalu menunggu Anda untuk membuka hati Anda bagi-Nya, sehingga Ia dapat menopang Anda, seperti yang Ia lakukan kepada para murid di perahu, dengan kuasa kasih-Nya. Cinta manusia kita lemah; itu membutuhkan kekuatan kasih setia Yesus. Bersama Dia, Anda benar-benar dapat membangun “rumah di atas batu” (Mat 7:24).

Di sini saya ingin menyampaikan sepatah kata kepada orang-orang muda yang sedang mempersiapkan pernikahan. Bahkan sebelum pandemi, tidak mudah bagi pasangan yang bertunangan untuk merencanakan masa depan mereka, karena sulitnya mencari pekerjaan yang stabil. Sekarang pasar tenaga kerja bahkan lebih tidak aman, saya mendesak pasangan yang bertunangan untuk tidak merasa putus asa, tetapi untuk memiliki “keberanian kreatif” sebagaimana ditunjukkan oleh Santo Joseph, yang kenangannya ingin saya hormati di Tahun yang didedikasikan untuknya ini. Dalam perjalanan Anda menuju pernikahan, percayalah selalu pada penyelenggaraan Tuhan, betapapun terbatasnya kemampuan Anda, karena “kadang-kadang, kesulitan dapat menghasilkan sumber daya yang tak terbayangkan kuatnya” (Patris Corde, 5). Jangan ragu-ragu untuk mengandalkan keluarga dan teman-teman Anda, pada komunitas gerejawi, di paroki Anda, untuk membantu Anda mempersiapkan pernikahan dan kehidupan keluarga dengan belajar dari mereka yang telah maju di sepanjang jalan yang sedang Anda jalani sekarang.

Sebelum mengakhiri, saya ingin menyapa kakek-nenek, yang selama lock-down tidak dapat melihat atau menghabiskan waktu bersama cucu-cucu mereka, dan semua orang lanjut usia yang merasa terisolasi dan sendirian selama bulan-bulan itu. Keluarga sangat membutuhkan kakek-nenek, karena mereka adalah memori hidup umat manusia, memori yang “dapat membantu membangun dunia yang lebih manusiawi dan ramah”. [7]

Semoga Santo Yosef mengilhami semua keluarga keberanian kreatif, yang sangat penting untuk masa-masa perubahan penting ini. Semoga Bunda Maria membantu Anda untuk memupuk dalam kehidupan pernikahan Anda budaya perjumpaan yang sangat kita butuhkan untuk menghadapi masalah dan masalah hari ini. Tidak ada kesulitan yang dapat menghilangkan sukacita mereka yang tahu bahwa mereka sedang berjalan bersama Tuhan di sisi mereka. Jalani panggilan Anda dengan antusias. Jangan biarkan wajah Anda menjadi sedih atau muram; suami atau istri Anda membutuhkan senyum Anda. Anak-anak Anda membutuhkan penampilan Anda yang memberi semangat. Para imam Anda dan keluarga lainnya membutuhkan kehadiran dan sukacita Anda: sukacita yang datang dari Tuhan!

Saya menyambut Anda semua dengan kasih sayang, dan saya mendorong Anda untuk menjalankan misi yang telah dipercayakan Yesus kepada kita, bertekun dalam doa dan dalam “memecahkan roti” (Kisah Para Rasul 2:42).

Dan tolong, jangan lupa doakan saya, sama seperti saya berdoa setiap hari untuk Anda.

Salam persaudaraan,

Fransiskus

Roma, Santo Yohanes Lateran,
26 Desember 2021,
Pesta Keluarga Kudus

Catatan kaki:

  1. Pesan Video kepada para Peserta Forum “Di mana posisi kita dengan Amoris Laetitia?” (9 Juni 2021)
  2. Bdk. Seruan Apostolik Evangelii Gaudium, 24.
  3. Pesan Video kepada para Peserta Forum “Di mana posisi kita dengan Amoris Laetitia?” (9 Juni 2021)
  4. Ibid.
  5. Amanat kepada para Peserta Ziarah Keluarga pada Tahun Iman (26 Oktober 2013); Bdk. Amoris Laetitia, 133.
  6. Katekese 13 Mei 2015; Bdk. Amoris Laetitia, 104.
  7. Pesan untuk Hari Kakek-Nenek dan Lansia Sedunia 2021: “Aku besertamu selalu” (25 Juli 2021)

Diterjemahkan oleh R.P. Thomas Eddy Susanto, SCJ