Perayaan Sederhana St. Arnoldus Janssen

Bertepatan dengan tanggal 15 Januari, Gereja Katolik memperingati Santo Arnoldus Janssen. Santo Arnoldus ini merupakan bapak pendiri Serikat Sabda Allah atau Societas Verbi Divini (SVD) dan dua ordo suster yaitu SSpS dan SSpS AP. Sehingga bagi para Imam, Bruder, Suster, dan Frater dari ordo tersebut, perayaan Santo Arnoldus Janssen sangat berarti sekali. Begitu pula, bagi para Imam SVD yang berkarya di Paroki Kranji ini.

Perayaan peringatan St. Arnoldus Janssen di Paroki Kranji diselenggarakan secara sederhana. Meski sederhana, namun tidak menghilangkan esensi makna perayaan. Perayaan diawali dengan misa kudus pada hari Sabtu (15/01/2022) pukul 11.00 siang di Gereja Santo Mikael. Misa Kudus dipimpin secara konselebran oleh 3 romo SVD yang berkarya di Paroki Kranji, yaitu Romo Anselmus Selvus Wege, SVD; Romo Rido Eduard Simatupang, SVD; dan Romo Adrianus Boysala, SVD. Turut hadir sebagai undangan berjumlah 150 orang yang terdiri dari Dewan Paroki Harian, Koordinator Wilayah, Ketua Lingkungan, Kategorial, dan Karyawan Paroki. Bertindak sebagai pelaksana acara yaitu Paguyuban Soverdia.


Dalam homilinya, Romo Rido menyampaikan bahwa para orang tua tidak perlu bersedih jika anaknya masuk ke seminari. Masuk seminari itu bukan masuk ke dalam dunia jahat tetapi dunia baik. Seperti Yesus memanggil Lewi menjadi rasul-Nya, Yesus pun memanggil para orang muda bukan untuk sengsara tapi hidup baik. 

SVD adalah salah satu ordo biarawan yang didirikan oleh Santo Arnoldus Janssen. Saat ini, Biarawan SVD cukup banyak jumlahnya di dunia. Di Indonesia, frater SVD yang menempuh pendidikan di seminari berjumlah ratusan orang. Untuk keberlangsungan pendidikan para frater tersebut tentu sangat membutuhkan perhatian dari para mitra missioner SVD. 

Para pelayan Tuhan terutama yang melayani di paroki SVD berkarya seperti Paroki Kranji ini merupakan mitra missioner bagi gereja lokal maupun kongregasi SVD itu sendiri. Kolaborasi SVD dengan umat sudah terjadi sejak dulu. Bahkan, itu sudah ada dari zaman bapak pendiri SVD, Santo Arnoldus Janssen. Dikisahkan dalam homili Romo Rido, bahwa Santo Arnoldus Janssen waktu hendak mendirikan biara pertama memiliki dana terbatas, namun berkat pertolongan rahmat Tuhan, Santo Arnoldus Janssen pun berhasil mendapatkan dana dari umat. 

Di akhir homili, Romo Rido kembali mengajak umat yang hadir untuk senantiasa mau menjadi perpanjangan tangan kasih Tuhan untuk sesama. Hal itu bisa diwujudkan dengan berbagi kasih kepada sesama dan berdoa untuk panggilan hidup membiara bagi anak-anak muda untuk menjadi Imam, Bruder, maupun Suster. 

Seusai misa kudus, perayaan berlanjut dengan ramah tamah. Acara tersebut diadakan di Graha St. Mikael. Acara ramah tamah diisi dengan santap siang bersama yang telah disediakan oleh Paguyuban Soverdia. Selamat memperingati Santo Arnoldus Janssen. Tuhan memberkati.

Video dokumentasi bisa dilihat di : https://youtu.be/ol5lfVeMq90


Yohanes MD