Sosialisasi APP Paskah 2022


Prapaskah sudah kian mendekat di hadapan mata kita semua. Sebagai wujud persiapan menyambut masa Prapaskah, Panitia Paskah 2022 yang diemban oleh Wilayah Pondok Cipta - Santa Ursula bekerjasama dengan Seksi Kerasulan Kitab Suci (KKS), Seksi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE), dan Seksi Liturgi mengadakan sosialisasi APP Paskah 2022 kepada umat lingkungan di Paroki Kranji Santo Mikael. Sosialisasi diadakan secara online melalui Zoom pada hari Sabtu (12/02/2022) siang hari.

Hadir dalam sosialisasi ini sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari para Ketua dan Pemandu Lingkungan, Koordinator Wilayah, Suster CIJ, Ketua Seksi, Ketua WKRI, Tim Gugus Kendali Paroki, Dewan Paroki Harian, dan anggota Panitia Paskah 2022. Bertindak sebagai pemandu jalannya acara adalah Sdri. Ires, OMK Wilayah Sta. Ursula.

Rangkaian acara dibuka dengan pemutaran lagu Mars Ardas 2022-2026 dan dilanjutkan dengan Doa Pembukaan. Seusai doa, Romo Anselmus Selvus Wege, SVD memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Romo Ansel sangat menekankan pentingnya aksi nyata yang dilakukan di masa Prapaskah ini. Berikutnya, Bapak Dedi selaku Ketua Umum Panitia Paskah 2022 menyampaikan kata sambutan.

Setelah sambutan, acara berlanjut dengan pemaparan materi pertemuan APP Prapaskah 2022 yang dimoderatori oleh Bapak Beni Margiadi, Ketua Bidang I Panitia Paskah 2022. Terdapat 4 materi yang disampaikan dengan tema utama yaitu Semakin Mengasihi, Peduli, dan Bersaksi. Sedangkan, keempat sub tema yaitu Peran Gereja dalam Bidang Pendidikan, Peran Gereja dalam Bidang Kesehatan, Peran Gereja dalam Bidang Perlindungan Sosial, dan Peran Gereja dalam Bidang Usaha Informal/Mikro. Keempat materi tersebut disampaikan oleh empat pemateri yang berbeda. Keempat pemateri ini berasal dari anggota Seksi KKS.

Acara pun berlanjut dengan pemaparan materi yang dibawakan oleh Ketua Seksi PSE, Bapak Alexander Tony Cahyawanto. Bapak Tony menyampaikan beberapa aksi nyata yang sudah atau akan dilakukan oleh Gereja, khususnya oleh Seksi PSE yang selaras dengan sub tema APP Prapaskah. Aksi nyata itu antara lain program ASAK, program Ayo Kerja, Credit Union, Warung Mikael, dan sebagainya. Menyambung acara selanjutnya, Sdri. Felomena Irwany Gagola, selaku Ketua Seksi Liturgi menyampaikan inti makna perayaan Prapaskah hingga Paskah dan Jadwal Liturgi Prapaskah hingga Paskah.

Mengakhiri acara, perwakilan Panitia yaitu Ibu Ch. Sri Haryanti selaku Ketua Bidang IV Panitia Paskah 2022 menyampaikan kegiatan non liturgis yang diselenggarakan oleh Panitia Paskah 2022. Kegiatan itu antara lain kerja bakti, pengumpulan amplop APP, dan lomba untuk anak-anak. 

Acara yang berlangsung selama hampir 3 jam ini diikuti secara antusias oleh para peserta yang hadir. Itu terbukti dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta. Kiranya, semoga seluruh rangkaian kegiatan Prapaskah sampai Paskah tahun 2022 ini bisa berjalan dengan lancar. Tuhan memberkati.

Penulis : Yohanes MD
Dokumentasi Foto : Panitia Paskah 2022