Pertemuan Prapaskah Ke-3 Lingkungan Sta. Bernadeth 4


Pada hari Sabtu, 2 April 2022 pukul 19.45 WIB, Lingkungan Bernadeth 4 telah melaksanakan pertemuan Prapaskah ke-3 secara online menggunakan Google Meet dengan subtema Peran Gereja dalam bidang Perlindungan Sosial yang dipandu oleh Ibu Yavita Dian Listiany dan Sdri Teodora Kristina Simangunsong yang dihadiri oleh 22 orang warga lingkungan.

Pertemuan tersebut dibuka dengan lagu “Mengasihi, Peduli dan Bersaksi” (Lagu ARDAS KAJ 2022) kemudian dilanjutkan dengan pengantar dari pemandu bahwa : 
  1. Tema besar Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta 2022 – 2026 adalah Penghormatan Martabat Manusia. 
  2. Tema APP 2022 adalah Semakin Mengasihi, Peduli, dan Bersaksi. 
  3. Subtema APP 2022 yaitu peran gereja dalam bidang pendidikan, peran gereja dalam bidang kesehatan, peran gereja dalam bidang perlindungan sosial dan peran gereja dalam bidang usaha mikro. 

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan juga Video kisah bermakna yang bisa memberi inspirasi kepada kita tentang usaha yang sangat terdampak pandemi Covid-19 sehingga berupaya untuk mempertahankan hidup.

Kisah 1 : Ibu Cicilia Suhartini sebagai penjahit pakaian
Kisah 2 : Pak Michael Y Prasetyo sebagai fotografer 
Kisah 3 : Manusia Silver Semakin Banyak Di Masa Pandemi

Ada 5 warga yang memberikan sharing  baik dari kesehatan, pendidikan maupun ekonomi.

Sebelum dilanjutkan dengan pembacaan Kitab Suci, pertemuan diselingi lagu “Hari ini Kurasa Bahagia” 

Bacaan Kitab Suci
Markus 8: 1-10 Yesus memberi makan empat ribu orang
Markus 14: 3-9 Yesus diurapi

Sehubungan dengan Perlindungan Sosial adalah bantuan yang diberikan dengan menyangkup hampir semua bidang aspek kebutuhan seperti Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi, maka

Hasil Komitmen dan Aksi Nyata warga di Lingkungan Bernadeth 4 sebagai berikut: 

1. Dalam Bidang Pendidikan
  • Memberikan bantuan yang bersifat pancingan seperti Pemberian Santunan Pendidikan ASAK (rencananya kepada dua orang) Sehingga siswa dapat terus berusaha untuk mengukir prestasi dengan bantuan uang ini demi mencapai prestasi.
  • Memberikan bantuan pengajaran informal bagi warga yang membutuhkan seperti ikut ambil bagian membantu gereja dalam hal mengajar dengan menjadi guru sekolah minggu.

2. Dalam Bidang Kesehatan
  • Memberikan bantuan berupa makanan, obat-obatan, supplment bagi warga yang terkena dampak covid.
  • Membantu memberikan informasi dan akses seputar Vaksin dan Booster kapada warga yang membutuhkan.
  • Memberikan konsultasi kedokteran sehubungan dengan adanya warga di lingkungan bernadett 4 yang berprofesi sebagai Dokter. 
  • Membantu memberikan iuran BPJS kepada warga yang benar benar membutuhkan dengan hasil survey dari pengurus.
  • Mengaktifkan kembali kunjungan kepada warga yang sakit (karena kondisi pandemi sudah agak melandai) dan berdoa bersama bagi kesembuhan warga

3. Dalam Bidang Ekonomi
  • Melaksanakan tahap 2 program nasi bungkus dari masakan ibu-ibu yang rencanaya akan dilaksanakan pada tanggal 23 April 2022 dan akan dibagikan kepada warga sekitar yang membutuhkan.
  • Melakukan hal hal kecil dan sederhana dengan membantu orang disekitar kita misalnya membeli jualan jualan dari orang-orang disekitar kita.
  • Ikut membantu mempromosikan program warung mikael dan membeli produk produk dari gereja kita sendiri agar dapat membantu warga gereja sendiri yang terdampak.

Pertemuan selesai pukul 20.50 wib dan ditutup dengan doa serta menyanyikan lagu “Kau yang terindah” dan foto bersama.




Demikian, Terimakasih
Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amien.
Seksi Komsos Lingkungan Bernadeth 4