Pertemuan Prapaskah Ke-2 Lingkungan Sta. Bernadeth 4



Pada hari Sabtu, 26 Maret 2022 pukul 19.40 WIB, Lingkungan Bernadeth 4 telah melaksanakan pertemuan Prapaskah ke-2 secara online menggunakan Google Meet. Adapun pertemuan kedua ini mengambil subtema Peran Gereja dalam bidang Kesehatan. Pertemuan online ini dipandu oleh dua orang OMK Lingkungan yaitu Sdri Angela Aletta Puspa dan Sdri Fransiska Noviana Kristiani serta dihadiri oleh 18 orang warga lingkungan.

Pertemuan tersebut dibuka dengan lagu “Mengasihi, Peduli dan Bersaksi” (Lagu ARDAS KAJ 2022) kemudian dilanjutkan dengan pengantar dari pemandu bahwa : 
  1. Tema besar Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta 2022 – 2026 adalah Penghormatan Martabat Manusia. 
  2. Tema APP 2022 adalah Semakin Mengasihi, Peduli, dan Bersaksi 
  3. Subtema APP 2022 yaitu peran gereja dalam bidang pendidikan, peran gereja dalam bidang kesehatan, peran gereja dalam bidang perlindungan sosial dan peran gereja dalam bidang usaha mikro. 

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan juga kisah bermakna yang bisa memberi inspirasi kepada kita tentang apa dan bagaimana kita bisa berperan di tengah situasi Pandemi Covid 19 yang masih terus meningkat. Pada kesempatan tersebut diputar video dari youtube tentang Pusat Pastoral KAJ Samadi Klender diubah menjadi tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid Tanpa Gejala atau Bergejala ringan. Para Romo, Frater dan semua karyawan membantu melayani para pasien.

Ada 4 warga yang memberikan sharing tentang “Mereka yang sempat mengalami situasi berat saat berobat, mereka yang mengalami sulitnya mencari rumah sakit tetapi mengalami bantuan dari Gereja yang diwujudkan oleh para warga lingkungan, serta tim medis gereja untuk konsultasi”.

Sebelum dilanjutkan dengan pembacaan Kitab Suci, pertemuan diselingi lagu “Allah itu Baik”. 

Bacaan Kitab Suci
1. Kitab Keluaran 1 ayat 15 – 17
Intinya Hidup adalah hak asasi paling dasar dari semua hak asasi manusia, dan semua hal tidak ada manfaatnya jika tidak ada hidup. Untuk itulah, para tenaga medis maupun institusi Kesehatan, dituntut untuk menghormati kehidupan secara absolut sejak keberadaan (pembuahan) sampai dengan kematian naturalnya.

2. Injil Markus 2 ayat 3 – 5
Kita dapat melihat sisi kemanusiaan yang ditunjukkan oleh rasa peduli keempat orang yang menggotong orang lumpuh itu, padahal bisa saja mereka tidak mengenal siapa si lumpuh itu. Rasa peduli ini merupakan cerminan hati nurani yang sedang bersuara, saat kita melihat suatu keadaan orang sakit dan mengalami penderitaan fisik, secara lebih dalam, kita menyadari bahwa hal itu lebih daripada sekadar persoalan medis yaitu kelumpuhan fisik yang dialami orang itu, tetapi juga persoalan batin. Hal ini pula yang menjadikan karya ‘pelayanan kesehatan’ yang diperbuat oleh Yesus mempunyai sisi insani sekaligus ilahi.




Hasil Komitmen dan Aksi Nyata warga di Lingkungan Bernadeth 4 sebagai berikut: 
  1. Warga lingkungan secara bergiliran telah membantu warga yang terpapar virus corona dengan mengirimkan makanan/susu beruang selama masa isolasi, penyemprotan disinfektan, peminjaman tabung oksigen, memberi semangat di WAG lingkungan, memberikan saran-saran dan mendoakan untuk kesembuhannya.
  2. Lingkungan rencana akan kembali mengaktifkan kunjungan ke warga yang sakit dan mendoakan secara bersama-sama.
  3. Lingkungan juga telah membantu warga lansia yang minta didaftarkan ikut misa di gereja.
  4. Prodiakon lingkungan sebanyak 4 orang akan siap melayani jika ada warga yang sakit dan membawakan komuni.
  5. Lingkungan telah mendukung program kerja WK Ranting Wilayah Bernadeth dalam melakukan kegiatan kunjungan lansia yang sudah dilaksanakan tgl 13 Maret 2022.
  6. Lingkungan akan membantu warga lingkungan yang kesulitan keuangan untuk membayarkan BPJS nya.
  7. Partisipasi Warga Wilayah Bernadeth yang menjadi relawan dalam kegiatan vaksinasi ke 1, 2 dan booster yang diselenggarakan oleh Gereja.

Pertemuan selesai pukul 21.00 wib dan ditutup dengan doa serta menyanyikan lagu “Kasih” dan foto bersama.






Kontributor Lingkungan Sta. Bernadeth 4