5 Manfaat Donor Darah Jika Dilakukan Secara Rutin

Setiap menit terdapat 1 (satu) Orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Donor darah merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya yang ditranfusikan kepada orang lain.

Dilansir dari situs halodoc darah memiliki fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, sayangnya banyak orang masih merasa takut untuk menjadi pendonor dengan beragam alasan, mulai dari takut jarum suntik hingga takut jika darahnya habis.

Padahal ada banyak manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh pendonor. Percaya ga nih sobat Mikael? Berikut 5 manfaat donor darah yang sudah dirangkum dari berbagai sumber, bagi orang yang mendonorkan darahnya, simak baik-baik ya!

1.      Mendeteksi Penyakit Serius

proses donor darah tentunya harus melalui beberapa prosedur, prosedur standarnya adalah pemeriksaan darah untuk mendeteksi penyakit serius. Sebut saja HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria.

2.      Meningkatkan Kesehatan Jantung

Donor darah juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen.

3.      Meningkatkan Produksi Darah

Membantu merangsang produksi sel-sel darah baru, proses mendonorkan darah ini akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

4.      Menurunkan Resiko Kanker

Selain membantu membakar kalori, manfaat donor darah bagi pendonor adalah dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh saat melakukan donor darah.

5.      Membakar Kalori dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Membantu membakar kalori dalam tubuh dan menurunkan berat badan, hal ini karena rata-rata orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya.

Sie. Kesehatan paroki Kranji – St. Mikael bekerjasama dengan PMI kota Bekasi mengadakan donor darah rutin. Nah dari artikel diatas, banyak manfaatnya juga kan kalau kita donor darah? Dapat sehatnya, dapat sukacitanya, dapat berkatnya.

Yuk ikuti donor darah yang akan di adakan pada hari Minggu, 29 Januari 2023. Pukul 08.00 – 12.00 WIB di Graha Paroki Kranji.

Sampai jumpa di tanggal 29 Januari 2023, Tuhan Memberkati.