OMK Punya Integritas



Seksi Kerasulan Kitab Suci, Seksi Kepemudaan, dan PEKAD (pelatihan dan kaderisasi) menyelenggarakan kegiatan “Temu OMK Punya Integritas” selama 2 hari tanggal 18-19 Februari 2023 di Vila Casa Della Vita, Cijeruk, Bogor.

OMK (Orang Muda Katolik) merupakan wadah yang dapat menghimpun para pemuda katolik untuk terus melayani Tuhan dan sesama sebagai komunitas. Perbedaan OMK dari orang muda lainnya adalah Iman. Orang muda katolik beriman kepada Allah Bapa melalui Yesus Kristus dengan bimbingan Roh Kudus dalam persekutuan gereja katolik. Gereja memandang bahwa kaum muda adalah generasi penerus dan menjadi pilar penyangga gereja. Maka, gereja memberikan pengarahan dan pembinaan yang mendukung. Pembinaan kaum muda yang baik dapat menunjang perkembangan Iman para kaum muda itu sendiri, serta pembinaan yang mendukung dapat menghasilkan kaum muda atau Orang Muda Katolik yang berkualitas.

Kegiatan Temu OMK Punya Integritas hari pertama meliputi 3 sesi materi yaitu Membangun Karakter; Peserta dapat mengenali diri segala kelebihan dan keterbatasannya dan semakin menyadari bahwa Allah mengasihi kita yang disharingkan oleh ketua pelaksana kegiatan ini Caroline (OMK Wil.Vincentius). Selanjutnya sesi ke-2 disampaikan dari Pekad dengan materi Mengatasi konflik; Peserta semakin mampu mengenali pribadi Yesus sebagai tanda kasih Allah sehingga memotivasi mereka (OMK) untuk semakin mencintai-Nya. Apa itu OMK dalam gereja katolik? menjadi sesi terakir di kegiatan hari pertama setelah mengenal Yesus dapat membenahi diri atau menyiapkan diri untuk lebih dekat kepada Yesus melalui kegiatan-kegiatan pelayanan menggereja yang di sharingkan oleh A.Kris dari seksi KKS Paroki.


Kegiatan ini diikuti oleh 10 wilayah dari 13 wilayah yang ada di Paroki Kranji, diantaranya; Agustinus, Antonius Padua, Birgitta, Bernadette, Caecilia, Maria Goretti, Gregorius, Ursula, Vincentius, dan Yohanes de Britto, semua total peserta 21 orang. Sangat luar biasa dengan jumlah yang minim namun tidak mengurangi semangat, inilah yang ditunjukkan OMK punya integritas. 18 koresponden pengisi kuesioner evaluasi dari 21 peserta, 100% menyatakan memahami tujuan penyelenggaraan kegiatan ini dan 94.1% siap melayani dan terlibat dalam kegiatan menggereja dan 84,4% merasa sangat bermanfaat mengikuti kegiatan ini.

Seluruh peserta masing-masing memiliki potensi sangat baik yang dapat menjadi kader-kader regenerasi untuk terlibat di beberapa bidang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi OMK, seperti ada yang mahir di digital marketing, IT, desain grafis, admin akuntansi. Dari hasil kuesioner OMK dapat melahirkan inspirasi untuk membangun ke arah yang lebih baik dan mengatasi berbagai kondisi dan masalah yang dihadapkan saat ini. Terimakasih kepada Panitia walau sedikit dalam pelaksanaan kegiatan ini sudah maksimal dan sangat baik. Semoga semua yang terlibat dapat berpartisipasi dan target peserta lebih banyak agar acara dapat terselenggara dengan lebih baik lagi. GBU.


Bekasi, 19 Februari 2023

PEKAD