Rabu Abu Jatuh Hari Ini, apakah Umat Katolik Wajib Puasa dan Pantang?

 



Rabu, 22 Februari 2023 adalah hari dimana umat katolik sedunia merayakan Rabu Abu. Pemberkatan abu dari daun palma kering yang telah diperciki air suci tahun lalu dan ditandai pada kening setiap umat Katolik sebagai tanda dimulainya masa Prapaskah.

Abu dalam Rabu Abu melambangkan debu yang dipercaya digunakan Tuhan untuk menciptakan Manusia. Selain itu, abu juga melambangkan kesedihan, dalam hal ini kesedihan karena kita telah berbuat dosa dan lewat abu yang ditandai pada kening kita sebagai pertobatan akan salah dan dosa kita.

Memasuki masa prapaskah ini umat Katolik dianjurkan untuk berpantang dan berpuasa, peraturan Gereja menyangkut pantang dan puasa dituangkan dalam Kitab Hukum Kanonik 1249-1253.

Kitab Hukum Kanonik menulis "Semua orang beriman kristiani wajib menurut cara masing-masing melakukan tobat demi hukum ilahi; tetapi agar mereka semua bersatu dalam suatu pelaksanaan tobat bersama, ditentukan hari- hari tobat, dimana umat beriman kristiani secara khusus meluangkan waktu untuk doa, menjalankan karya kesalehan dan amal-kasih, menyangkal diri sendiri dengan melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara lebih setia dan terutama dengan berpuasa dan berpantang, menurut norma kanon".

Marilah kita besama melakukan pertobatan agar supaya kitab bisa hidup lebih baik lagi dihadapan Tuhan dan Sesama, Tuhan Memberkati.