Momen Berbagi Berkat dan Kesehatan bagi Sesama

“Berilah, maka kamu akan diberi; suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncangkan dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu sendiri. Sebab takaran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu." (Lukas 6:38).


Minggu, 10 Desember 2023 menjadi hari yang penuh kehangatan dan rasa syukur di lingkungan RW 01 Kelurahan Jakasampurna, Bekasi Barat. Karena di hari Minggu pagi yang cerah ini diselenggarakan acara Bakti Sosial Kesehatan Lansia. Sejak jam 6 pagi, para lansia sudah mulai berdatangan dengan penuh antusias. Beruntung pada jam tersebut sebagian panitia sudah siap melayani pendaftaran.
 
Dalam seremoni singkat mengawali kegiatan  baksos tersebut, sambutan pertama oleh Romo Hendrik Meko, SVD, yang menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan berbagi berkat dan kasih di momen persiapan perayaan Natal ini. Romo Hendrik Meko, SVD juga menekankan pentingnya persaudaraan tanpa memandang perbedaan agama, karena kita adalah saudara sebangsa dan setanah air.

Ketua RW 01, Bapak Syamsudin, kemudian membuka acara secara resmi dengan penuh semangat. Dalam sambutannya, ia menjelaskan bahwa Bakti Sosial Kesehatan Lansia ini terwujud berkat kolaborasi antara Kader PKK RW 01, Klinik Pratama Kesuma Paroki Kranji, dan Puskesmas Rawa Tembaga. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah mendapatkan izin dari Ibu dr. Sari Manurung, selaku Ketua Puskesmas Rawa Tembaga.


Program kesehatan ini, yang merupakan bagian dari Program Karya Prioritas Lingkungan Gregorius 1 ini bertema "Inisiasi Rumah Ramah Sesama". Program ini senndiri berfokus pada layanan kesehatan bagi warga lanjut usia (lansia). Kerjasama antara ibu-ibu PKK RW 01, Puskesmas Rawa Tembaga, Klinik Kesuma Pratama, dan panitia Natal Wilayah Maria Goreti menjadi landasan kegiatan.

Romo Hendrik Meko, SVD, memberikan apresiasi kepada semua yang terlibat, termasuk Ketua RW 01 dan ibu-ibu kader PKK RW 01. Romo Hendrik menyoroti harapan agar kegiatan ini tidak hanya membantu kesehatan para lansia tetapi juga mempererat tali persaudaraan di antara warga. Terima kasih juga disampaikan kepada Tim Kesehatan Klinik Pratama Kesuma Paroki Kranji, yang hadir untuk memberikan kontribusi positif.

Syamsudin selaku Ketua RW 01 Kel. Jakasampurna memberikan tanggapan yang positif. "Kegiatan baksos ini mohon dimanfaatkan dengan sebaik mungkin oleh warga lansia RW 01. Ayo, manfaatkan kegiatan ini. Periksakan diri kita mumpung gratis. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menambah dampak atau manfaat yang lebih untuk warga RW 01. Dan kerjasama yang terjalin antar warga menjadikan kita ini bersaudara, dan di lingkungan RW 01 tercipta harmoni kehidupan yang kita impikan. Tetap semangat!"


Pada saat pemeriksaan, beberapa dari warga lansia, Bapak Alex dan peserta lainnya memberikan tanggapan yang positif, mengungkapkan kebahagiaan karena dapat bercerita dan berkonsultasi dengan lebih leluasa. Beberapa peserta berharap agar kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara rutin minimal 3 bulan sekali. Para lansia peserta benar-benar mengapresiasi pemeriksaan yang cepat dan tanpa antrean terlalu lama, dan berharap agar kegiatan ini bisa dilengkapi dengan layanan donor darah dan papsmear.

Dalam suasana kebersamaan dan kerjasama yang hangat, acara Bakti Sosial Kesehatan Lansia di RW 01 menjadi bukti nyata bahwa berbagi berkat dan perhatian kepada sesama membawa kebahagiaan dan harmoni dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi untuk terus berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat sekitar.


(Harwindra Yoga Prasetya)