Darahku Bukti Cinta dan Peduli pada Sesama

 

Siapa yang tak tahu dengan Donor Darah, kegiatan ini sangat sering kita jumpai di berbagai kegiatan misalnya saja di kantor, acara kampus, bakti sosial, dll. Donor darah adalah kegiatan sukarela yang dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain, walaupun mungkin ada juga yang takut untuk mendonorkan darahnya. Bukan takut dengan darah yang di donorkan, tapi mungkin dengan jarumnya.

Dikutip dari hellosehat.com, American Association of Blood Banks menyebutkan bahwa umumnya, sekali mendonor, darah anda akan diambil sebanyak sekitar 500 ml. Ini kurang lebih 8% dari total keseluruhan darah Anda. Donor darah di Indonesia diatur oleh Peraturan Pemerintah No. 2/2011 tentang pelayanan donor darah yang diatur oleh Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai tujuan sosial dan kemanusiaan.

Bagi yang biasa rutin mendonorkan darahnya, atau yang mungkin baru pertama kali akan mendonorkan darahnya. Yuk dipersiapkan Kesehatannya untuk tanggal 31 Juli 2022, seksi Kesehatan St. Mikael bekerjasama dengan PMI Kota Bekasi mengadakan kegiatan Donor Darah.

Supaya bisa lolos dalam tahap pemeriksaan, ikutin prosedur ini ya. Berusia 17-65 tahun boleh mendonorkan darah, memiliki berat badan tidak kurang dari 45 kilogram dan sehat, baik jasmani maupun rohani, tidur cukup, tekanan darah bagus, setelah lolos pemeriksaan kesehatan udah bisa nih lanjut ketahap donor darah.

Infonya donor darah tidak hanya bermanfaat untuk orang lain, tetapi juga untuk kita sebagai pendonor. Jangan sampai kelewatan, dicatat tanggalnya ya. Setetes Darah ini Bukti Cinta dan Peduli pada Sesama. *** 

                                                                                                                    Penulis : Bernadetha Inggar