Rembug Wilayah Santa Bernadeth 2022

Sabtu, 30 Juli 2022 bertempat di ruang kelas SD Strada Bhakti Wiyata 2, umat wilayah Santa Bernadeth berkumpul untuk melaksanakan Rembuk Wilayah. Kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu “Berdirilah Teguh Jangan Goyah,” yang dipimpin Ibu Sisilia Sri Utami. Setelah itu, dilanjutkan dengan  doa pembuka yang dibawakan oleh Pak Hemat Sitepu, sesepuh dan mantan Korwil Bernadeth. 

Tepat pukul 08.15 WIB Korwil Bernadeth Bapak Vinsentius Simangunsong berkenan membuka Rembuk Wilayah Santa Bernadeth. Lalu, tepat pukul 08.20 Bapak Stiven Alain Manurung mempresentasikan hasil kuisioner umat di wilayah Santa Bernadeth dan menyampaikan program kerja Lingkungan yang dijadikan program kerja Wilayah Santa Bernadeth tahun 2023, dengan berdasarkan data kuisioner dan analisis SOAR.


Pastor Kepala Paroki St Mikael Kranji Romo Anselmus Selvus Wege, SVD menjelaskan, Rembuk Wilayah tidak berbeda seperti musyawarah bersama melibatkan seluruh umat, Ketua Lingkungan, dan koordinator wilayah. Program ini bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan umat agar tepat sasaran. 

Untuk itu, Romo Ansel mengingatkan agar program Wilayah Santa Bernadeth untuk kunjungan lansia  jangan hanya berupa bingkisan saja, tetapi yang utama adalah memberikan perhatian dan selalu menjalin komunikasi.


Beliau juga mengapresiasi Wilayah Bernadeth yang kompak dan guyub serta sudah siap membuat program kerja tahun 2023 yang sesuai dengan kebutuhan umat, berdasarkan hasil kuisioner.  

Sementara itu, Pendamping Rembuk Wilayah dari Paroki Bapak Yudi mengingatkan, program yang baik bukan hanya berupa sebuah kegiatan tetapi harus ada solusinya. Sedangkan Ketua Tim Rembuk Wilayah dari Paroki Bu Tyas menyampaikan bahwa program kerja Wilayah Santa Bernadeth sudah baik, tetapi Wilayah juga harus tetap memperhatikan hasil kuisioner semasa pandemi, walaupun persentasenya rendah.


Sebelum penutupan acara rembuk Wilayah Santa Bernadeth  ini, umat Wilayah berdoa bersama  agar semua keputusan yang telah disepakati dapat memberi manfaat dengan doa Litani Ardas  yang dipimpin oleh Ibu  Chatarina Endang, dilanjutkan  dengan lagu penutup "Mengasihi, Peduli, dan Bersaksi," yang dipimpin oleh ibu Sisilia Sri Utami.

Acara Rembuk Wilayah Santa Bernadeth ditutup dengan Misa Suci yang dipimpin Romo Anselmus Selvus Wege, SVD. Misa ini dihadiri umat Wilayah Santa Bernadeth dan Santo Markus.
Setelah Misa, ditutup dengan foto bersama umat dan Romo serta DPH.

Penulis : Yohana Dyahayu Luhsudarmi