Pertemuan BKSN ke-01 Lingkungan Sta Bernadeth 4


Bekasi, KOMSOS - Pada hari Sabtu, 3 September 2022 pukul 19.15 WIB, Lingkungan Bernadeth 4 telah melaksanakan pertemuan Bulan Kitab Suci Nasional ke 1 di kediaman Bp Antonius Vici Gayatri Hanggoro yang dihadiri oleh 27 orang warga lingkungan yang dipandu oleh Bp Ignatius Koko Aristyandoko (prodiakon) dan Sdri Fransiska Noviana Kristiani (OMK – Seksi KKS lingkungan) yang didampingi oleh Bp Gregorius Pius Harald Robby Basuki.

Pertemuan tersebut tercatat sebagai pertemuan terjadwal pertama secara offline sejak Februari 2020 dan dihadiri oleh 4 orang prodiakon lingkungan serta terbanyak diikuti warga lingkungan sejak BKSN tahun 2019 yang rata-rata hanya 20 warga lingkungan.

Pertemuan 1 dengan Subtema ALLAH SUMBER HARAPAN UNTUK MENANGKIS MENTALITAS KEAGAMAAN PALSU ini dibuka dengan lagu pembuka “Indah Rencana-Mu Tuhan” kemudian dilanjutkan dengan pengantar dari pemandu bahwa Tuhan adalah satu-satunya sumber harapan kita dalam menjalani hidup yang baru. Kita diajak untuk melihat kembali praktik hidup keagamaan kita selama masa pandemi ini. Di tengah segala perubahan yang terjadi, termasuk dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan, apakah kita cukup setia dalam menghidupi iman kita? Apakah kita tetap sungguh-sungguh mencari Tuhan dan mencintai sesama kita?  

Kita diajak untuk mendalami dan merenungkan perikop dari kitab Amos, yakni Am. 5:4-6. Gagasan utama dari perikop ini adalah permintaan agar orang Israel mencari Tuhan. Dalam pertemuan tersebut, disampaikan juga kehidupan dihubungkan dengan upaya pencarian akan Tuhan. Mencari Tuhan berarti mencari kehidupan. Tuhan adalah Pencipta, maka Dialah sumber kehidupan. Kehidupan hanyalah sebuah konsekuensi dari kedekatan dengan Tuhan. Karena Tuhan adalah sumber kehidupan, semua yang dekat dengan-Nya akan memperoleh kehidupan juga.

Dalam kesempatan tersebut, ada beberapa warga yang memberikan sharing bagaimana cara mereka menghadapi kehidupan sehari-hari, bagaimana bisa bangkit dalam masa recovery ini. Ada juga yang mengikuti kegiatan online (seperti meditasi katolik, doa hening, dan webinar webinar yang bisa menguatkan iman). Ada pula yang belajar berserah dan pasrah dalam hidup, dan bagaimana sikapnya ketika kesulitan datang. 

Pertemuan selesai sekitar pukul 21.30 WIB dan ditutup dengan doa umat, doa penutup serta menyanyikan lagu “Kasih” sebagi lagu penutup pertemuan.

Penulis:
Kontributor Lingkungan Sta. Bernadeth 4