Terimakasih LovePink, kami bisa USG GRATIS

 


    Kanker payudara menempati urutan pertama terkait jumlah kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker (data Kemenkes 2020). Melihat keprihatinan ini, maka dalam rangka Pesta Nama Pelindung Wilayah Santa Birgitta, panitia acara berkolaborasi dengan Klinik Kesuma (seksi Kesehatan Paroki Kranji) & LOVEPINK - Organisasi nirlaba yang berfokus pada kegiatan sosialisasi deteksi dini dengan cara SADARI (Periksa Payudara Sendiri), SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis), dan pendampingan bagi sesama perempuan dengan kanker payudara, mengadakan edukasi dan Pemeriksaan USG Gratis bagi umat di Paroki Kranji, Santo Mikael, pada tanggal 16 Juli 2023.


Edukasi ini di pandu oleh 2 narasumber, yaitu Ibu Chris Ayi dan Mba Kenny Fabanyo yang merupakan penyintas dari Kanker Payudara yang memberikan pengalaman dalam menghadapi kanker payudara dan melakukan SADARI dengan benar, sehingga bisa mendeteksi apabila di temukan tanda adanya kanker payudara supaya bisa di obati sejak awal. Apabila dapat ditangani lebih cepat maka peluang untuk sembuh jadi semakin besar.


    Pada sesi tanya jawab, di pandu oleh dr Rodi Salim dari Seksi Kesehatan Paroki. Peserta antusias bertanya seputar kesehatan. Peserta edukasi diharapkan menjadi semacam "agent" untuk orang orang sekitar untuk mengetahui betapa pentingnya menjaga kesehatan payudara. Peserta USG sebanyak 89 orang, (dibantu oleh 4 dokter dari RS Siloam & tim LovePink 17 orang) yang puji Tuhan setelah di USG tidak ada tanda tanda adanya sel Kanker Payudara. Menurut dr Rodi Salim, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali dan berharap ke depannya bisa menjangkau masyarakat luas.